Taman Nasional Baluran, Afrika di Pulau Jawa

baluranIni lah pemandangan Taman Nasional Baluran yang dikenal sebagai Afrika of Java. Taman Nasional ini berada di sebelah utara, timur Pulau Jawa. Tepatnya di Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional Baluran memiliki luas area 25.000 Ha dengan hampir 50 % luas lahan didominasi vegetasi sabana dan Sisanya adalah tipe vegetasi hutan mangrove, hutan pegunungan dan hutan rawa. Taman Nasional Baluran memiliki keanekaragaman flora dan fauna, tidak kurang 444 jenis fauna ada disini. Tidak hanya itu, di Taman Nasional Baluran juga terdapat burung langka, diantaranya Layang-layang api (Hirundo rustica), Tuwuk asia (Eudynamys scolopacea), Ayam hutan merah(Gallus gallus), Kangkareng (Anthracoceros convecus), Burung rangkong (Buceros rhinoceros), Bangau tong-tong(Leptoptilos javanicus), dan Burung merak (Pavo muticus).

burung merak taman nasional baluran

ecologi taman nasional baluranGunung Baluran adalah gunung berapi yang sudah tidak aktiv, Gunung ini memiliki ketinggia 1.247 Mdpl dengan luas dan dalam kawah 600 meter. Menurut petugas yang penulis temui di pos perijinan, Gunung Baluran jarang sekali didaki oleh masyarakat umum. Hanya petugas dan prajurit TNI yang sering melakukan pendakian, itu pun di waktu – waktu tertentu, hanya saat pengambilan baret kesatuan.

Untuk menikmati keindahan Taman Nasional Baluran ada dua lokasi yang harus kamu kunjungi. Pertama adalah Bekol, Bekol adalah view point untuk menikmati keindahan alam berupa sabana. Jika waktunya pas kamu akan menjumpai beberapa satwa yang dilindungi berupa Banteng Burung dan satwa lainya. Di Bekol ini terdapat penginapan yang cukup terjangkau. Penginapan ini dikelola oleh Koperasi pegawai. Jarak dari pos perijinan sampai bekol kurang lebih berjarak 12 Km. Untuk mencapai lokasi ini kamu bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp 25.000, atau kamu bisa berjalan santai sambil menikmati hutan sepanjang perjalanan. Saat itu penulis cukup beruntung. Baru berjalan sejauh 3 Km penulis bertemu dengan mobil petugas, inisiatif menjadi nebengers tiba – tiba muncul, tanpa banyak pikir mobil petugas pun penulis stop, begitu pun saat perjalanan kembali. akhirnya selama perjalanan pulang pergi penulis tidak naik ojek ataupun berjalanπŸ˜€

bekol baluran

taman nasional baluran

taman nasional baluran

IMG_0178

taman nasional baluranLokasi kedua adalah Pantai Bama. Pantai ini berjarak kurang lebih 3 Km dari Bekol. Disini kamu bisa menikmati keindahan hutan mangrove. Keberadaan mangrove di pantai ini menjadi pendukung keberadaan trumbu karang. Selain menikmati keindahan pantainya kamu juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya (snorkling). Ada juga fasilitas perahu kaca (glass bottom boat)

Bagaimana apa kamu tertarik memasukan Taman Nasional Baluran kedalam list tujuan wisata berikutya? Selamat Berwisata ..

Untuk info transportasi dari kota asal kamu menuju Taman nasional Baluran, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Kantor: Jl KH Agus Salim No 132 Banyuwangi 68425Β  Jawa Timur Tlpn: 0333 424119 / Fax 0333 412680

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s