Wisata Religi Gunung Mujur di Kabupaten Malang

padepokan gunung mujurBeberapa bulan yang lalu, tepatnya hari senin, 21 Oktober 2013 saya mengunjungi Gunung Mujur yang berada di Desa Taman Harjo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang. Gunung yang berada di lereng Gunung Arjuno ini memiliki ketinggian sekitar 655 meter dari permukaan laut (Mdpl). Udaranya cukup sejuk dan hutanya pun masih terawat, walaupun dibeberapa titik sudah beralih fungsi menjadi lahan pertanian penduduk setempat. Jarak dari pusat Kota Malang kurang lebih 19 Km atau 10 Km dari Kota Batu. Gunung Mujur ramai dikunjung oleh Komunitas Trail dan Sepeda Downhill di hari sabtu dan minggu.

Tujuan saya ke Gunung Mujur adalah untuk mengunjungi Candi Telih yang merupakan Candi peninggalan Kerajaan Siongosari. Memang tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan Candi ini. Karena candi ini tidak begitu trerkenal jika dibandingkan dengan Candi lainya yang berada di Kabupaten Malang. Misal, Candi Singosari, Jago atau Kidal yang berada di Tumpang.

Candi Telih ini adalah Candi (punden) peninggalan kerajaan Singosari yang sempat berkuasa di Malang pada abad ke 10 M hingga tahun 1.222 M. Candi Telih memiliki luas kurang lebih dua meter persegi. Letaknya berada disebelah utara makam Gunung Mujur. Namun sayang saua tidak berhasil memgunjungi Candi Telih dikarenakan banyaknya persimpangan yang mengarah ke ladang penduduk membuat saya sulit menemukan lokasi Candi tersebut.

Selama perjalanan saya tidak bertemu dengan petani yang bisa dintanyakan dan cuaca saat itu pun tidak bersahabat, akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan sowan ke Candi Telih. Sebagai gantinya, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi Wana Wisata Gunung Mujur.

makam gunung mujur 1Disini terdadapt dua makam yang unik, mengapa? Karena posisi arah makam yang satu dengan yang lainya berlawanan dan tidak berjauhan. Makam yang pertama membujur dari arah timur ke barat dan makam yang kedua membujur dari utara ke selatan.

makam gunung mujur 2Ini adalah makam pertama yang konon dipercaya sebagai makam, petilasan Raja Singosari yang bernama Kertanegara, Kertanegara adalah putra dari Tunggul ametung dengan Ken Dedes. Bliau adalah Raja terakhir Singosari yang memimpin dari tahun 1268 – 1292 M

makam gunung mujur 3Dan ini adalah makam kedua yang konon dipercaya sebagai makam abdi setia (pengawal) Raja Kertanaegara.

Jika ditinjau dari letak geografis dan keberadaan situs purbakala Candi Telih mungkin saja jika ke dua makam ini adalah makam tua yang sudah ada sejak jaman kerajaan Singosari, namun tentuntya bukan makam Kertanegara. Belajar dari sejarah Raja Singosari Sebelumya. Anusopati dan Jaya Wisnu Wardhana tidak pernah diketahui keberadaan makamnya karena mayoritas raja melakukan mukso saat kembali menghadap Sang Hyang. dan kemudian secara simbolik dibagunkan tempat (candi) sebagai pendermaan raja tersebut seperti Candi Jago dan Kidal.

Selain cerita diatas, sebagain penduduk mempercayai jika makam yang berada di Gunung Mujur adalah makam Setakumitir yang merupakan salah satu patih di jaman kerajaan Blambangan (Banyuwangi). Entah bagaimana ceritanya Setakumitir yang berada di Banyuwangi bisa dimakamkan di Malang yang jaraknya lebih dari 250 Km. Penduduk lain juga mempercayai jika makam Gunung Mujur ini adalah makam Ki Ageng Kertojoyo. Lalu sebenarnya makam siapakah yang berada di Gunung Mujur?!

IMG_0033Makam Gunung Mujur ramai dikunjungi pada hari – hari tertentu, misal malam juma’at legi. Tujuanya bermacam – mcam. Untuk mencapai Makam gunung mujur kamu harus menaiki anak tangga yang kurang lebih berjarak 100 meter. Lokasai Wana Wisata Gunung Mujur ini mendapat perhatian dari perhutani KPH Malang dan Wakil Bupati Malang, Rendra Kresna. Tepatnya dua tahun lalu diadakan sempat diadakan kegiatan Penghijauan sekaligus Pengenalan Wana Wisata. Bagaimana apa kamu tertarik mengunjungi Gunung Mujur weekend ini? Selamat Berwisata ..

One thought on “Wisata Religi Gunung Mujur di Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s