Coban Glotak, Wisata Air Terjun di Kabupaten Malang

coban glotakDari keenam air terjun yang pernah saya kunjungi, Coban Rondo, Rais, Talun, Jahe, Glotak dan Pelangi. Ada satu coban yang menurut saya sangat menarik, coban itu adalah Coban Glotak. Di coban ini jangan pernah bayangkan akan ada fasilitas jalan, toilet atau penjual makanan dipintu masuk wisata seperti pada umumnya lokasi wisata yang sudah dikelola. Bahkan satu-satunya tempat yang bisa dijadikan lokasi parkir kendaraan adalah rumah penduduk setempat.

Selama perjalanan dari desa terakhir, saya sama sekali tidak bertemu Β dengan pengunjung lain, baik saat menuju coban, di lokasi maupun saat perjalanan kembali. Vegetasi Coban Glotak masih cukup rapat membuat petualangan begitu menyenangkan. Coban ini memiliki ketinggian air terjun 100 meter. lokasi coban sendiri berada di lereng pegunungan Kawi, dengan ketinggian sekitar 600 Mdpl. Secara administratif Coban Glotak berada di Kabupaten malang. Tepatnya di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir sekitar 15 Km dari pusat Kota Malang.

Untuk mencapai lokasi coban ini, kita harus berjalan kaki sejauh 2 km menaiki bukit dan menyusuri aliran sungai yang bersumber dari coban tersebut.Β  Aliran sugai ini cukup jernih dan tidak begitu dalam, arusnya pun tidak terlalu kuat. Tetapi kamu harus tetap ber hati – hati, karena beberapa bebatuan dialiran sungai cukup licin. Penunjuk arah informasi menuju coban masih sangat minim, hanya ada tiga informasi arah sepanjang perjalalan. Informasi pertama terletak didesa terakhir, berupa tulisan selamat datang. Informasi kedua berada dipertengahan perjalanan, berupa penunjuk arah. Dan yang ketiga terletak 50 meter sebelum mencapai lokasi coban, informasi ini pun sama sebagai penujuk arah.

Sejarah nama Coban Glotak sendiri berasal dari cerita turun – menurun penduduk setempat. Konon pada jaman dahulu setiap malamnya sering terdengar suara batu jatuh dari air terjun yang menimbulkan bunyi Glotak. Dari asal bunyi itulah air terjun itu dinamakan menjadi Air terjun Glotak atau Coban Glotak dalam bahasa Jawa. Coban sama artinya dengan Air Terjun dalam bahasa Indonesia.

Jika kamu tertarik mengunjungi Coban Glotak sebaiknya pilih waktu yang tepat. Hindari musim hujan, karna saat musim hujan kemungkinan longsor dan air bah cukup tinggi. Siapkan perbekalan secukupnya seperti makanan ringan, kompor dan kopi tentunya. Jika kamu pertama kali mengunjungi coban ini jangan malu untuk bertanya arah jalan yang benar kepada petani yang kamu temui saat perjalanan. Selamat Berwisata, dan Selamat berakhir pekanπŸ™‚

4 thoughts on “Coban Glotak, Wisata Air Terjun di Kabupaten Malang

  1. rozikin

    Klo mau ke coban glotak mampir dulu kerumah aku ya rumah’ku paling barat desa bedalisodo menghadap ke arah selatan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s