Trecking, Camping di Coban Rais Kota Batu

coban raisTracking, Camping adalah salah satu kegiatan alam yang menyehatkan dan menyenangkan. namun tidak semua orang bisa melakukanya. letak geografis (domisili) yang jauh dari tempat wisata alam, padatnya aktivitas dan kesibukan rutinitas kerja sehari – hari membuat kegiatan seperti ini sulit dilakukan.

Warga Kota Malang, Batu dan sekitarnya tentu bisa berbangga hati, karena letak geografis kota yang diapit oleh pegunungan dan hamparan lautan menjadikan kedua kota ini kaya akan potensi wisata alam. keadaan wilayah geografis ini sangat mendukung kegiatan alam (trecking dan camping) agar bisa dilakukan disetiap liburan akhir pekan.

Coban Rais adalah salah satu lokasi wisata alam yang cocok untuk melakukan kegiatan alam tersebut. selain air tejun, di Coban ini juga terdapat lokasi camping ground yang menyuguhkan panorama alam pegunungan yang indah.

5Coban Rais berada dilereng Gunung Panderman, dengan ketinggian sekitar ± 1.150 Mdpl. Secara administratif coban ini terletak di Kota Batu, Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo. sekitar ± 6 Km dari pusat kota, atau sekitar ± 20 Km dari Kota Malang. Vegetasinya yang masih cukup rapat membuat lokasi disekitar coban (air terjun) sejuk dan kaya akan berbagai macam tumbuhan, tumbuhan yang tumbuh diantaranya; Pinus (Pinus merkusii), Ekaliptus (Eucalyptus sp), Trengguli (Cassia javanica), Kamper (Cinnamomum camphora), Mahoni (Swietenia mahagoni), Kemiri (Aleurites moluccana), Suren (Toona sureni), dan Flamboyan (Delonix regia) dan beraneka ragam tumbuhan lainya.

coban rais 3Jika kamu berniat sowan ke Coban Rais, dari arah malang kamu bisa langsung mengambil arah jalan menuju BNS (Batu Night Spektakuler).  Jika sudah sampai, kamu bisa terus mengikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan yang ditengah jalanya terdapat tugu. Setelah itu ambil arah kanan, kemudian ikuti saja jalan yang sudah ada menuju studio Batu TV. Disepanjang jalan terdapat beberapa papan penunjuk jalan, jadi kamu tidak perlu kawatir akan tersesat. Begitu kamu melihat banyak tower yang berdiri, berarti kamu sudah dekat dengan lokasi. Kamu bisa pilih jalan kedalam yang sedikit rusak untuk menuju lokasi parkir, pos pintu masuk Coban Rais.

coban rais 2Walaupun terlihat sederhana, dilokasi wisata ini sudah terdapat beberapa fasilitas umum seperti toilet, lahan parkir dan warung jajanan yang menyediakan mie rebus, gorengan dan aneka minuman hangat.   Kamu bisa beristirahat dan menikmati kopi disini (Warung Pak Ji) sebelum melakukan tracking ke air terjun.

Untuk sampai dilokasi air terjun rais, kita harus berjalan menyusuri perbukitan dan sungai kecil sejauh ± 3 Km. Jika dibandingkan dengan Coban Rondo, Coban Rais memang tidak terlalu familiar. karena jarangya wisatawan yang mengunjunginya, membuat coban ini terjaga kealamianya. maklum rimbunan pohon dan jarak tempuh yang jauh membuat sebagian orang memilih untuk tidak berwisata di coban ini. Disebelah kiri setelah pos masuk, atau depan warung Pak Ji terdapat bumi perkemahan. Tetapi bumi perkemahan ini jarang digunakan, karena kebanyakan wisatawan memilih berkemah ditempat lain, termasuk penulis. Tempat favorite penulis adalah di Bukit Gumuk. Dari bukit ini kita bisa menikmati pemandagan Kota Malang, Batu dan sekitarya. Bukit ini berjarak sekitar ± 600 Meter dari pintu masuk. Letaknya disebelah kiri jalan arah menuju coban.

Pos perijinan wsisata hanya buka sampai sore, kecuali jika sedang ada kegiatan. Tetapi kamu jangan kawatir, jika malam hari dan kamu niat bermalam (camping) kamu bisa titipkan kendaraan di warung Pak Ji.  Dengan biaya parkir (bermalam) Rp 3000, dan Perijinan Rp 2500. Waktu terbaik mengunjungi air terjun ini disaat musim kemarau. untuk kenyamanan bersama dan kelestarian alam sekitar jangan lupa untuk membawa kembali dan membuang sampah pada tempatnya. Selamat Berwisata.

6 thoughts on “Trecking, Camping di Coban Rais Kota Batu

  1. zeline

    apakah kita bisa bercamping dengan pendamping di sana atau memang harus sendiri? apakah ada alat camping juga yang di sediakan? saya masih pemula dan mau bercamping dengan tida orang teman.
    terima kasih

    Balas
    1. edsanjaya Penulis Tulisan

      kalo camping ga pas di wilayah air tejunya. tapi bisa di daerah sebelum air terjun misal bukit gumuk yang sekarang rame, atau di area camping groundya

      Balas
  2. Dewi

    Mau nanya gan…
    Kalo ajak anak usia 4 tahun kecoban rais boleh ga yaa…
    Coz ada tempat wisata khusus melarang bawa anak2…padahal anak aq udah biasa naik turun gunung… Sejak usia 2 tahun…
    Trakhir qta k coban tundo malang selatan…
    Trima kasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s