Mengenal Majapahit di Situs Pendopo Agung Trowulan Mojokerto #WisataPurbakala

wisata purbakala

Situs Pendopo Agung terletak di Dusun Nglinguk, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Nama Situs Pendopo Agung ini terbilang baru. Nama tersebut diambil karena diwilayah itu terdapat pendopo yang didirikan pada tanggal 15 Desember 1966. Pendopo Agung ini dibagun atas prakarsa Kolonel Sampurna.

Pembagunan Situs Pendopo Agung ini bukan tanpa dasar, karena pembagungan pendopo didasarkan pada umpak – umpak yang terdapat di dalam situs (sekitar pendopo). Pada jaman dahulu, saat kerajaan Majapahit masih berkuasa, diyakini jika ditempat berdirinya pendopo agung sekarang ini terdapat sebuah pendopo besar, yaitu pendopo kraton Majapahit.

Dihalaman Pendopo Agung terdapat patung Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit. dan dibelakang pendopo terdapat relief Patih Gajah Mada yang sedang melakukan sumpah Amukti Palapa. Dihalaman barat dan selatan pendopo terdapat Batu Cancangan Gajah, semacam tiang batu yang diyakini oleh masyarakat dahulunya digunakan sebagai tempat mengikat Gajah kerajaan. Selain itu dibelakang pendopo terdapat makam – makam tua, orang setempat menyebutnya sebagai “Kubur Panggung”

Di pendopo inilah kami dari “Komunitas Sejarah dan Budaya Malang” (@WisataPurbakala) dan rekan-rekan  mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UB yang tergabung dalam LSO Kampus @Kalakeya bermalam dan beristirahat sebelum keesokan harinya melanjutkan kembali petualangan yang menyenangkan menelusuri situs – situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Trowulan Mojokerto… bersambung …..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s