Seruling Samudra di Pantai Selatan Pacitan (Klayar)

2

Pacitan, selain dikenal sebagai kota, kampung halaman Susilo Bambang Yhudoyono (President RI). Kota ini juga dikenal sebagai kota penghasil batu mulia (akik). Jadi tidak heran jika hampir disetiap sudut tempat wisata di Pacitan terdapat banyak penjual souvenir yang terbuat dari batu. Selain itu, apakah kamu tau jika kota yang dikenal juga sebagai kota 1001 goa ini memiliki potensi alam yang luar biasa berupa hamparan pantai  yang indah. Hm mau tau pantai apa saja? Ini adalah nama pantainya; Pantai Banyu Tibo, Pantai Buyutan, Pantai Karang Bolong, Pantai Sruni, Pantai Srau, Pantai Watukarung, Pantai Teleng Ria, Pantai Tamperan, Pantai Kali Uluh, Pantai Wawaran, Pantai Pidakan, Pantai Soge, Pantai Tawang, Pantai Taman, Pantai Kunir, Pantai Teluk bawur, dan terakhir yaitu Pantai Klayar.

Pantai Klayar terletak di Kabupaten Pacitan, atau sekitar ± 45 Km dari pusat Kota, tepatnya terletak di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Pantai ini memiliki karakteristik berupa hamparan pasir putih dengan air laut yang berwarna biru dan hijau tosca.

3

Selain pasir putih, dipantai ini juga terdapat kumpulan batu karang yang mempesona membuat pemandangan dipantai ini begitu indah.

Jika dilihat dari luasnya, memang pantai klayar ini tidak memiliki garis pantai yang panjang. Namun ada sesuatu yang unik dipantai ini, yaitu “seruling samudra”. Seruling samudra adalah fenomena alam yang terjadi secara alami, dimana saat hembusan ombak samudra yang besar bertubrukan dengan karang-karang yang memiliki rongga dan celah akan menghasilkan bunyi seperti seruling.

4Lokasi wisata ini secara umum cukup baik. Fasilitas umum yang tersedia antara lain toilet, warung – warung jajanan dan sovenir serta penyewaan APV

56 7 8 9 10 11 12 13 DSCN4702

Pantai Klayar Pacitan ini semakin terkenal namanya saat President RI, Susilo Bambang Yudhoyono beserta kabinet Indonesia bersatu jilid II mengunjungi pantai ini tanggal 15, oktober 2013 lalu. Jika kamu termasuk orang yang tidak begitu menyukai keramaian sebaiknya berkunjunglah diluar hari libur dan weekend. Sebagai catatan, sebaiknya pertimbangkan kembali jika kamu ingin berenang dipantai ini, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar yang dapat membahayakan keselamatan kamu sendiri. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan disekeliling tempat wisata, Selamat berwisata …

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s